BAB III
METODE PELAKSANAAN
Gambar 1 Tahap pelaksanaan
1. Survey
Sasaran
Pada tahap ini akan
dilakukan survey untuk mendapatkan informasi-informasi terkait daerah dan
kelompok sasaran.
1. Identifikasi
Kebutuhan
Tahap
ini merupakan tahap perancangan konsep kebutuhan yang diperlukan dalam memulai
kegiatan usaha.
2. Persiapan
sarana dan prasarana
Dalam
tahap ini akan disiapkannya segala sarana dan prasarana yang menunjang usaha.
Misalkan pada usaha Omah Aning ini, langkah awalnya yaitu mencari ruko yang
berlokasi strategis. Membangun relasi dengan produsen madu Sumbawa yang ada di
Sumbawa juga akan diselesaikan pada tahap ini.
3. Uji
Coba
Tahap
ini akan dilakukan percobaan pemasaran produk pada sasaran pasar dengan tujuan
pengenalan. Dari sini kita akan melihat seberapa besar minat masyarakat
terhadap produk kita sebelum melangkah lebih jauh pada proses produksi.
4. Proses
Produksi
Ini
merupakan tahap produksi. Memproduksi sesuai dengan hasil analisa minat
masyarakat pada tahap uji coba sebelumnya.
5. Evaluasi
Tahap
terakhir ini ialah tahap untuk menentukan seberapa berhasilkan program tersebut
berdasarkan hasil pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar