Kamis, 04 Juni 2015

BAB II PROPOSAL : USAHA RUMAH MAKAN DAN RUMAH PENGOLAHAN MADU SUMBAWA “OMAH ANING”



BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

            Jumlah pengangguran di Kota Malang, Jawa Timur, tercatat terus bertambah. Pada akhir 2013 sebanyak 64.006 jiwa atau sekitar 7,72 persen dari jumlah penduduk kota itu, yang mencapai 830 ribu jiwa lebih, belum memiliki pekerjaan.
            Kabag Perekonomian Pemkot Malang Moch Charis, mengatakan selama tiga tahun terakhir ini jumlah pengangguran di daerah itu terus bertambah. Pada tahun 2011 sebanyak 43.110 jiwa atau 5,19 persen, 2012 menjadi 63.674 jiwa atau 7,68 persen dan 2013 bertambah lagi menjadi 64.006 jiwa atau 7,72 persen.
            Jumlah pengangguran tersebut menjadi kontradiktif dengan angka pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Pada tahun 2011 pertumbuhan ekonomi Kota Malang mencapai 7,22 persen dan 2013 menjadi 7,57 persen.
            Terkait masalah di atas yang mendorong kami untuk memilih daerah target pasar adalah Kota Malang. Mengapa ? Karena angka pertumbuhan ekonomi meningkat selama kurun waktu 3 tahun terakhir ini. Sehingga dengan dibangunnya usaha ini tentu akan mengurangi kontradiktif antara pertumbuhan ekonomi dan jumlah pengangguran. Dalam poin gambaran umum disebutkan sebagai berikut.
1.      Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan akan dilaksanakan di Kota Malang, Jawa Timur yang angka pertumbuhan ekonominya cukup menjanjikan.
2.      Pertumbuhan ekonomi kontradiktif dengan jumlah pengangguran.
3.      Warga yang masih belum bekerja itu mayoritas berusia produktif yakni 18 tahun sampai 50 tahun.
4.      Produksi Madu Sumbawa yang semakin meningkat produktifitasnya.
5.      Minat masyarakat terhadap kuliner cukup besar.
            Kota Malang merupakan kota pendidikan. Tidak sedikit perguruan-perguruan tinggi di Kota ini. Sehingga hal ini tentu akan berdampak baik pada berbagai sektor. Tidak hanya sektor pendidikan tetapi juga sektor ekonomi. Usaha ini akan memanfaatkan peluang tersebut. Misalnya,
1.      Menyewa ruko untuk usaha yang letaknya tidak jauh dari kampus karena target konsumen adalah  mahasiswa.
2.      Harga ekonomis yang terjangkau oleh mahasiswa.
            Dua hal tersebut di atas merupakan sebagian kecil dari strategi untuk menciptakan profit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar