Kamis, 04 Juni 2015

BAB I PROPOSAL : USAHA RUMAH MAKAN DAN RUMAH PENGOLAHAN MADU SUMBAWA “OMAH ANING”



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Judul
            Usaha Rumah Makan dan Rumah Pengolahan Madu Sumbawa “OMAH ANING”
1.2 Latar Belakang
            Madu hutan sumbwa yang berasal dari Indonesia yang kaya raya akan hasil madu yang beraneka ragam. Madu dari hutan Sumbawa adalah jenis madu murni, lebah yang tidak diternak dengan kata lain berasal dari lebah liar yang ditemukan di hutan-hutan Sumbawa. Pohon bidara atau dalam bahasa lokalnya goal dalam bahasa latinnya disebut ziziphus mauritiana. Selain madu Sumbawa, Indonesia juga memiliki berbagai provinsi penghasil madu hutan yang memiliki nama dan cita rasa tersendiri. Namun, salah satu daerah di Indonesia yang menjadi sumber penghasil madu terbesar adalah Sumbawa. Madu hutan dari Sumbawa ini sudah dikenal di seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara. Hal ini terbukti saat membludaknya pengunjung di stand UTS (Universitas Teknologi Sumbawa) yang berada di lantai II Hynest Convention Center dalam ajang International Genetically Engineered Machine (iGEM) Competition 2014 di Boston pada 10 Oktober 2014.
            Dikenalnya madu Sumbawa di seluruh Indonesia hingga mancanegara, tidak membuat Madu Sumbawa maksimal pada perspektif pengolahannya. Padahal madu Sumbawa merupakan produk kekayaan alam yang unggul pada kelasnya sehingga dengan memaksimalkan pengolahannya tentu akan semakin meningkat pula keunggulannya pada sisi profit.

            Oleh karena itu Madu Sumbawa ini menjadi target program pengembangan kewirausahaan melalui Omah Aning. Omah Aning berasal dari gabungan dua bahasa yaitu bahasa Jawa (Omah : Rumah) dan bahasa Sumbawa (Aning: Lebah). Berasal dari dua bahasa karena program pengembangan kewirausahaan ini akan mentargetkan Tanah Jawa sebagai pusat pemasaran dan Madu Sumbawa sebagai produk pemasaran. Hal ini tentu akan sangat membantu pada sisi kebutuhan lapangan pekerjaan di Tanah Jawa dan berkembang serta  meningkatnya pendapatan petani madu di Pulau Sumbawa.
            Omah Aning akan memasarkan produk olahan dari madu. Seperti Madu asli kemasan, lilin madu, minuman dari madu. Bahkan Omah Aning akan menyediakan menu kuliner yang berkaitan dengan madu Sumbawa juga. Contohnya : Ayam Bakar Madu, Ayam bakar yang dibumbui dengan rempah-rempah khas jawa, diperkaya cita rasa madu asli sumbawa. Ayam Bakar Madu akan menjadi maskot dari Omah Aning.

1.3 Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara pemanfaatan produk unggulan madu Sumbawa serta membuka peluang kerja bagi masyarakat tanah jawa khususnya daerah malang ?
2.      Bagaimana cara memulai usaha rumah pengolahan madu Sumbawa Omah Aning, khususnya pada bidang kuliner ?

1.4 Tujuan
1.      Membangun usaha rumah pengolahan madu Sumbawa di tanah jawa khususnya malang.
2.      Membangun rumah makan mini di Omah Aning dengan menu kuliner berbeda dengan yang lain, bernilai ekonomis dan sehat.

1.5 Luaran
1.      Usaha Rumah Makan dan Rumah Pengolahan Madu Sumbawa “Omah Aning”
2.      Masyarakat yang kreatif dan inovatif terhadap produk unggulan
3.      Petani madu yang kesejahteraannya meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar